Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out
Jangan terlalu kaku dalam menghadapi hidup ini. Hidup tak bisa dipandang secara hitam putih. Setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kita harus bisa disikapi secara fleksibel. Dengan cara seperti itu kita akan survive dari tekanan-tekanan hidup.

Kamis, 20 Januari 2011

Hal-Hal aneh pada Windows

Kamis, 20 Januari 2011
Mungkin kita semua telah mendengar atau merasakan sendiri hal-hal aneh yang terjadi pada sistem operasi Windows kita, saya sudah mencobanya sendiri dikomputer saya yang berbasis Windows XP.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menurut kita semua aneh :

Pertama

K
atanya ini ditemukan oleh orang India, bahwa kita tidak akan bisa membuat folder dengan nama CON atau con dimana saja.
Sebenarnya bukan kata itu saja yang tidak bisa kita gunakan untuk menamai sebuah folder, masih ada kata NUL, COM1 hingga COM9, dan LPT1 hingga LPT9.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan di Windows nama folder dan Special System Variables berbagi dengan tampilan yang sama, karena itulah ketika hendak membuat folder dengan nama System Variable akan dianggap folder tersebut sudah ada.

CON berarti console
COM1 berarti serial port 1
LPT1 berarti paralel port 1

Kedua

1. Coba buka program Notepad
2. Coba tuliskan "Bush hid the fact" tanpa tanda kutip
3. Tutup dan simpan dimana saja
4. Coba buka kembali Notepad yang telah anda simpan tadi

Beginilah hasilnya:



Bukan kalimat itu saja diubah oleh Notepad, masih ada kalimat lain seperti misalnya "This api can break", This cat can split", "jane can not dance", "yyyy yyy yyy yyyyy", dan aaaaaaaa aaaaa aaa aaaaa", juga mengalami nasib yang sama.

Ketika kalimat "Bush hid facts" disimpan, Notepad menyimpannya tanpa masalah. bisa dibuktikan dengan membuka file tersebut dengan file lain, misalnya Wordpad. Masalah baru muncul saat file tersebut dibuka dengan Notepad itu sendiri. Sebelum membuka file tersebut, Notepad berusaha mendeteksi encoding yang digunakan. ternyata Algoritma deteksi ini keliru jika file yang dimaksud mengandung kalimat dengan pola 4-3-3-5 karakter sehingga membentu kode ASCII tertentu. Akibatnya file yang disimpan dalam encoding ANSI tersebut malah dibuka dalam encoding UTF-16.

Ketiga

Buka Microsoft Office Word (XP, 2003), lalu ketikkan :

=rand (200,99)

kemudian tekan ENTER, dan tunggu sesaat.

Hasil di Word 2007 agak sedikit berbeda kalimatnya, Karena itu jika anda ingin mendapatkan hasil yang sama dengan Word sebelumnya ketikkan :

=rand.old (200,99)

Keanehan ini sering dianggap BUG pada Microsoft Office Word, namun sebenarnya hal-hal semacam ini merupakan hal yang lumrah yang dimasukkan oleh programme dalam mencoba atau sekedar iseng-iseng ada suatu produk. Karena programmernya kebanyakan geek, dan gila game, maka muncullah kalimat " The quick brown fox jumps over the lazy dog" yang berulang jika kita menulis kalimat itu. Hal ini biasanya disembunyikan dan dapat diakses dengan cara-cara atau trik-trik tertentu. ini biasa disebut "easter egg".

rand berarti radom

Angka (200,99), 200 berarti 200 paragraf, dan 99 berarti 99 kalimat perparagraf. Coba anda ubah menjadi (1,1) atau angka lainnya, hasilnya akan berbeda.
Keyakinan diri adalah kekuatan pendobrak sukses yang luar biasa. Dengan keyakinan diri yang kuat, kita bisa menciptakan prestasi, bahkan mampu mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Mari, terus tanamkan keyakinan dalam diri: Sukses adalah hak saya, hak anda, hak semua orang. Success is my right.